INILAH PENJELASAN AL QUR'AN TENTANG ORANG TUA DAN ANAKNYA

Sahabat Ummi, anak adalah amanah yang dititipkan-Nya pada orang tua. Maka mendidik anak agar menjadi insan saleh-salehah adalah utama tugas orang tua.

Di era modern ini, banyak orang tua baik ayah atau ibu sama-sama bekerja dan menyerahkan putra-putrinya diasuh dan dibesarkan orang lain, tak jarang pembantu rumah tangga.

Memang tidak salah. Namun ketika itu terjadi orang tua harus benar-benar pandai memilih pengasuh pengganti terbaik untuk anak. Dan akan lebih baik ketika kita membesarkannya dalam asuhan kita pribadi. Banyak kita saksikan berbagai peristiwa di mana baby sitter memberikan obat tidur pada anak agar ia tak perlu susah payah merawat dan mengasuhnya. Tak jarang juga kita temui pengasuh anak yang menyiksa anak asuhannya tanpa sepengetahuan orang tua, yang itu membuat si anak menjadi trauma tak berkesudahan. Dan tentu hal itu akan membuat tumbuh kembang anak terganggu.

Terkadang kita bertanya, ”Kok tega ya berbuat seperti itu terhadap anak kecil?” padahal anak kecil adalah manusia suci tanpa dosa. Seharusnya melihat keluguan dan kepolosan mereka, kasih sayang dan cinta yang terpancar dari jiwa kita, bukan sebaliknya, jengkel, benci atau dendam. Namun hal itu menjadi sangat mungkin saya rasakan ketika saya telah menjadi seorang ibu dan banyak mengamati anak kecil di sekitar saya tinggal.

Sebagaimana orang dewasa, terkadang anak kecil sangat lucu dan menyenangkan. Namun di saat-saat tertentu ia pasti rewel, meminta ini dan itu. Jika kita (pengasuh) tidak dalam kondisi mood yang baik, bisa saja berbuat di luar kendali. Terlebih ketika emosi tengah memuncak. Anak tak lagi tampak membahagiakan melainkan semakin membuat keadaan jadi ruwet tak karuan. 

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "INILAH PENJELASAN AL QUR'AN TENTANG ORANG TUA DAN ANAKNYA"

Posting Komentar