EVALUASI KURIKULUM PENDIDIKAN AGAMA DI KEMENAG TAHUN INI


Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh. kini kami akan menyajikan pada anda informasi terbaru mengenai hasil evaluasi kurikulum PENDIDIKAN AGAMA di KEMENAG. Berikut informasinya, selamat membaca.

Pada tahun 2016 pendidikan Islam di sekolah umum dan sekolah berciri khas Islam (madrasah dan ponpes) menurut Dirjen Pendidikan Islam Kemenag, Kamarudin Amin menggunakan kurikulum pendidikan Islam yang baru. Kurikulum diberi nama kurikulum pendidikan Islam rahmatan lil’alamin yang menekankan kedamaian, toleransi, dan moderasi.



Kurikulum bagi 76 ribu madrasah dengan 9 juta murid, 30 ribu ponpes, dan 700-an perguruan tinggi Islam (negeri/swasta). Menyikapi perubahan itu, Moh Rosyid, pegiat komunitas lintas agama dan kepercayaan pantura (Tali Akrap) menyatakan, hal awal perlu memahami Pasal 36 UU No.20/2003 tentang sistem pendidikan nasional bahwa pengembangan kurikulum mengacu standar nasional pendidikan (SNP) untuk mewujudkan tujuan pendidikan nasional.

“Pasal 35 SNP antara lain harus memenuhi kompetensi bagi pendidik, sarana prasarana, pengelolaan, pembiayaan ditingkatkan secara berkala. Kedua, pendidik/pengajar pada mata kuliah perbandingan agama di perguruan tinggi bila materi tentang agama tertentu dididik oleh dosen yang sesuai profesi keagamaannya,” kata dia.

Bila materi misalnya kekristenan diajarkan oleh dosen yang muslim dikhawatirkan terjadi pemutarbalikan kebenaran karena ketidakpahamannya atau faktor lain. Pendidikan agama diajarkan pendidik yang seagama sulit terwujud bila masih ada rasa bahwa bila diajarkan oleh dosen yang  beragama non-Islam (karena materinya non-keislaman) berakibat permurtadan.

Hal itu terkikis tatkala dibekali pemahaman secara kokoh dan tak fanatis. Memertahankan agama adalah sesuatu yang baku, tapi memahami ajaran agama lain perannya sebagai pengetahuan, bukan dasar pindah agama. “Terpenuhinya SNP dan pengajar yang match adalah hal utama, bukan hanya penggantian istilah,” tandas Rosyid peminat kajian minoritas dari STAIN Kudus, Jateng.

(Sumber: suaramerdeka.com )

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan semoga menambah wawasan anda.
loading...
LIKE & SHARE

0 Response to "EVALUASI KURIKULUM PENDIDIKAN AGAMA DI KEMENAG TAHUN INI"

Posting Komentar