INFO TERBARU LAGI. "TIDAK LAPORKAN SPT ANDA AKAN DIDENDA SEJUMLAH UANG". BACA SELENGKAPNYA..

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh. Tidak Laporkan SPT OP Didenda sejumlah uang. BACA SELENGKAPNYA

Kepala Kantor Pelayanan, Penyuluhan dan Konsultasi Perpajakan (KP2KP) Sungailiat, Tiung Florinda mengajak seluruh wajib pajak (WP) Kabupaten Bangka segera mengisi SPT Tahunan PPh Orang Pribadi (OP) 2015 sebelum tiba batas akhir penyampaiannya tanggal 31 Maret 2016 mendatang.


"Kepada seluruh wajib pajak , ayo kita segera mengisi dan melaporkan SPT Tahunan PPh Orang Pribadi 2015 dengan baik dan benar ke Kantor Pajak terdekat, atau lapor pajak secara online sebelum tiba batas akhir penyampaiannya tanggal 31 Maret 2016 nanti agar terhindar dari sanksi yang ada," ungkap Tiung, Selasa (29/3/2016) ketika ditemui Humas PDE dan Santel Setda Bangka, di ruang kerjanya.
Diungkapkannya, terkait sanksi tersebut telah diatur dalam Undang-undang nomor 28 Tahun 2007 tentang ketentuan umum dan tata cara perpajakan (UU KUP).
"Untuk orang pribadi yang terlambat menyampaikan SPT, sanksi administrasinya Rp 100.000," kata Tiung.
Ia mengatakan batas akhir pelaporan SPT pajak tahunan orang pribadi akan ditutup pada 31 Maret ini. Artinya, jika wajib pajak baru melapor tanggal 1 April, maka dia akan terkena sanksi untuk membayar Rp 100.000.
"Akan tetapi, bagi wajib pajak yang tidak melaporkan SPT pajak tahunan karena alpa atau lalai tidak menyampaikan SPT, atau menyampaikan SPT tetapi dengan isi tidak benar atau tidak lengkap, tidak dikenai sanksi pidana apabila perbuatan tersebut baru pertama kali dilakukan," jelasnya
Dikatakannya, pengecualian ini sesuai dengan pasal 13A Undang-undang ketentuan umum dan tata cata perpajakan (UU KUP). Tetapi kebalikannya sesuai pasal 38 UU KUP, apabila wajib pajak alpa atau lalai tidak menyampaikan SPT, atau menyampaikan SPT tetapi dengan isi tidak benar, dan ini merupakan laporan setelah kali pertama atau untuk kali kedua dan seterusnya, maka mereka akan dikenakan sanksi pidana denda paling sedikit satu kali dan paling banyak dua kali jumlah pajak terutang.
"Atau pidana kurungan paling singkat tiga bulan, dan paling lama satu tahun," ujar Tiung.
Dijelaskannya, terkait pelaporan SPT tahunan saat ini sudah bisa disampaikan secara online, aplikasinya sangat mudah sekali dilakukan sehingga tidak lagi harus membayar sanksi pajak karena lupa menjalankan kewajiban bagi yang memiliki NPWP.
Apabila belum pernah mendaftar di aplikasi lapor pajak online Direktorat Jenderal Pajak (DJP), maka dapat langsung datang ke Kantor Pajak terdekat untuk mengaktivasi dan memperoleh EFIN.
"FIN ini sendiri merupakan nomor identitas yang diterbitkan oleh DJP kepada wajib pajak yang mengajukan permohonan untuk melaksakan e-filling (penyampaian SPT secara online-red)," tukasnya
Kepala Bagian Humas,PDE dan Santel Setda Bangka Boy Yandra mengatakan, sebagai warga Negara yang baik dan taat pajak, agar segera mengisi SPT Tahunan PPh orang pribadi 2015 dan melaporkannya sebelum tanggal 31 Maret 2016.
"Jangan sampai terkena sanksinya," 

Sumber : tribunnews.com
loading...

Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "INFO TERBARU LAGI. "TIDAK LAPORKAN SPT ANDA AKAN DIDENDA SEJUMLAH UANG". BACA SELENGKAPNYA.. "

  1. Ada ada saja cara kumpulkan uang kita dipotong bendahara kok di s ru lapor apa nggak mengada ada tuh

    BalasHapus