MENDIKBUD PASTIKAN UN 2016 BUKAN TOLAK UKUR KELULUSAN TAPI ADA YANG LAIN. BACA SELENGKAPNYA

Assalmualaikum. Bapak Ibu MENDIKBUD Pastikan UN 2016 Bukan Tolak Ukur kelulusan. Baca Selengkapnya.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) siap melaksanakan Ujian Nasional 2016, tingkat SMP, SMA/SMK sederajat mulai 4 April. Ujian Nasional tahun ini, sama seperti tahun sebelumnya, tak akan menjadi tolak ukur kelulusan seorang siswa.


"Yang dibicarakan tentang UN saat ini adalah kejujuran, bukan kelulusan. Prestasi penting, jujur yang utama. Ujian tidak boleh menghalalkan segala cara," kata Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Anies Baswedan di Gedung A Kemendikbud, Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta Selatan, Jumat (1/4/2016) Menurut Anies, Ujian Nasional adalah tanggung jawab pemerintah untuk mengukur, sejauh mana sistem pendidikan di Indonesia berjalan. Ujian Nasional tahun ini akan hasil bentuk, angka ujian nasional dan indeks integritas sekolah.

Tahun ini Ujian Nasional tingkat SMP, SMA/SMK sederajat, diikuti oleh 7,6 juta siswa. UN untuk SMA/SMK sederajat akan dimulai pada tanggal 4-7 April 2016 UN berbasis kertas. Sedangkan UN berbasis komputer,  selain tanggal 4 sampai 7 April, juga akan dilaksanakan pada tanggal 11 dan 12 April 2016.

"UN berbasis komputer lebih lama karena, per hari hanya ada satu mata pelajaran yang diujikan. Dan juga jumlah peserta dibatasi tergantung jumlah ketersediaan komputer," terang Anies

Untuk UN susulan bagi SMA dan SMK sederajat berbasis kertas, akan dilaksanakan pada tanggal 11-13 April 2016. Sedangkan untuk yang berbasis komputer, UN susulannya akan dimulai pada tanggal 18-20 April 2016.

Sementara itu, UN tingkat SMP sederajat berbasis kertas dan berbasis komputer, akan dimulai pada tanggal 9 hingga 12 Mei 2016. Untuk UN susulannya, berbasis kertas akan dimulai pada tanggal 16 sampai 19 Mei 2016, dan tanggal 16-17 Mei untuk berbasis komputer.

Selain itu, Kemendikbud pun menyelenggarakan UN Paket B/Wustha, akan di mulai tanggal 9-11 Mei 2016. Untuk ujian susulannya, jadwal pada tanggal 16-18 Mei 2016.

Berbeda dengan SMA, SMK, dan SMP sederajat, bagi peserta UN Paket B/Wustha, hanya ada UN berbasis kertas. Kemendikbud tidak menyelenggarakan UN berbasis komputer bagi peserta Paket B/Wustha.

SUMBER: metrotvnews.com

Sekian informasi ini semoga bermanfaat dan menambah informasi.

loading...
LIKE & SHARE

0 Response to "MENDIKBUD PASTIKAN UN 2016 BUKAN TOLAK UKUR KELULUSAN TAPI ADA YANG LAIN. BACA SELENGKAPNYA"

Posting Komentar