OMBUDSMAN SESALKAN PEJABAT MASUK RUANG UJIAN NASIONAL

Assalamualaikum. Para Pembaca sekalian. Pejabat masuk ruang ujian Nasional disaat siswa memerlukan ketenangan dan siswa perlu konsentrasi penuh.

Kepala Perwakilan Ombudsman Provinsi Jambi, Taufik Yasak, menyayangkan sikap para pejabat di provinsi itu yang masuk ke ruang kelas untuk memantau Ujian Nasional (UN) saat ujian berlangsung.


"Karena di dalam SOP tertulis siapa pun tidak boleh masuk baik itu guru, kepala sekolah maupun pejabat sekaligus," kata Taufik Yasak menanggapi kunjungan Gubernur Jambi dan Kepala Dinas Pendidikan ke sekolah yang melaksanakan UN, Senin (4/4/2016).

"Setiap tahun para pejabat terus pamer-pameran atau pun go show meninjau kegiatan UN dan masuk ruang kelas. Itu kan mengganggu konsentrasi anak-anak yang sedang ujian," katanya lagi.

Menurutnya, kalau memang mau meninjau lebih efektif sebelum kegiatan ujian dimulai. Adapun masalah kebocoran kunci jawaban itu sudah menjadi tanggung jawab dinas pendidikan masing-masing.

Selain itu, jika ditemukan kecurangan baik dari pihak sekolah, Ombudsman telah membuka aduan, khususnya dari wali murid yang nantinya akan diproses untuk ditindaklanjuti karena itu termasuk pelayanan publik.

Gubernur Jambi Zumi Zola Zulkifli Senin pagi memantau langsung pelaksanaan UN manual dan CBT di tiga sekolah di Kota Jambi hingga masuk kelas.

Didampingi Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jambi Rahmat Derita, Zola pertama memasuki ruangan kelas SMKN 3 Kota Jambi dan melihat soal UN manual yang dikerjakan siswa.

Kemudian beralih ke SMAN 4 Kota Jambi, dimana dengan kedatangan Zola, peserta UN terlihat gaduh karena senang didatangi mantan aktor tersebut.

Selain memantau pelaksanaan UN dengan sistem manual, gubernur muda itu juga memantau pelaksanaan UN sistim CBT salah satunya di SMAN 1 Kota Jambi.


Semoga informasi ini bemanfaat bagi anda dan membantu membuka kesadaran akan pentingnya ketenangan bagi siswa yang menghadapi ujian nasional

0 Response to "OMBUDSMAN SESALKAN PEJABAT MASUK RUANG UJIAN NASIONAL"

Posting Komentar