SANGAT INSPIRATIF. RAHMAH EL YUNUSIAH PELOPOR PENDIDIKAN MODERN INDONESIA. HIDUP KARTINI INDONESIA

Assalamualaikum, Rahmah El Yunisiah adalah salah seorang perempuan hebat dan konsisten serta peduli terhadap nasib perempuan pada zaman pra kemerdekaan. Perjuangannya dalam mengangkat derajat perempuan patut menjadi teladan dan contoh bagi wanita masa kini. Rahmah adalah Kartini Indonesia.

Kiprahnya dalam membentuk kepribadian wanita yang tangguh dan merdeka dilakukan dengan mendirikan sekolah modern khusus perempuan di daerah asalnya Sumatera Barat. 
Selain itu, perjuangannya membentuk negara Indonesia yang merdeka turut dilakoninya dengan menjadi laskar yang membantu pengadaan logistik pejuang di Padang Panjang Sumetera Barat.


Meski tak setenar nama pejuang wanita nasional lainnya, seperti Cut Nyak Dien, RA Kartini atau Rasuna Said, Namun kiprahnya membangun karakter wanita indonesia tercatat oleh sejarah.

Menurut catatan, Rahmah memulai perjuangannya dengan mendirikan sekolah khusus perempuan pada tahun 1923, di Padang Panjang Sumatera Barat, bernama Madrasah Diniyah Lil Banat (Sekolah khusus perempuan).

Sekolah tersebut dibangun atas dasar kepeduliannya terhadap nasib perempuan yang dinilainya terbelakang dibandingkan laki-laki. Sebab, pada waktu itu ia melihat banyak perempuan di sekitarnya tidak memiliki pengetahuan modern dan hanya menamatkan sekolah rendah dan sangat tradisional.
Padahal, menurutnya perempuan mempunyai peranan penting dalam kehidupan. Perempuan adalah pendidik pertama dan utama bagi anak-anak yang akan menjadi generasi penerus bangsa. Atas dasar itu, untuk meningkatkan kualitas dan memperbaiki kedudukan perempuan diperlukan pendidikan khusus kaum perempuan yang diajarkan oleh kaum perempuan sendiri. Dalam hal ini perlu adanya upaya untuk meningkatkan kemampuan kaum perempuan, baik di bidang intelektual, kepribadian ataupun keterampilan.

Melalui pendidikan itulah Rahmah mewujudkan cita-citanya bagi perempuan Sumatera Barat dan indonesia pada umumnya.

Seiring perjalanan waktu, sekolah Diniyah lil Banat mulai berkembang. Ia kemudian mendirikan Diniyah School Putri di Kwitang, Tanah Abang pada tahun 1935 dan di Jatinegara dan Rawasari, Jakarta, pada 1950. Tidak saja untuk pendidikan dasar, tapi berlanjut sampai perguruan tinggi. Sayangnya, sekolah yang dibangun di ibukota tersebut tidak berlanjut akibat adanya agresi militer Jepang.

Tak putus asa, perjuangannya untuk terus membangun pendidikan bagi perempuan berlanjut. Pada tahun 1964, Rahmah mendirikan Akademi Diniyah Putri yang lama pendidikannya tiga tahun. Tanggal 22 November 1967, Akademi ini dijadikan Fakultas Dirasat Islamiyah dan merupakan fakultas dari Perguruan Tinggi Diniyah Putri, di kampung asalnya.

Dengan berbasis pendidikan terpadu yang memadukan sistem pendidikan keislaman, keterampilan dan kemodernan, Rahmah menjadikan sekolah Diniyah putri tersohor hingga mancanegara.

Sistem pendidikan khusus perempuan tersebut bahkan diadopsi Universitas Al-Azhar Kairo Mesir dan sejumlah negara tetangga seperti Malaysia dan Brunei Darussalam.
Tak jarang, Rahmah yang hanya mengenyam pendidikan sekolah kelas menengah tersebut diundang ke sejumlah negara untuk memberikan kuliah umum seputar pendidikan untuk kaum perempuan.


Semoga artikel ini menambah semangat para wanita untuk terus berkarya.
loading...

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "SANGAT INSPIRATIF. RAHMAH EL YUNUSIAH PELOPOR PENDIDIKAN MODERN INDONESIA. HIDUP KARTINI INDONESIA"

Posting Komentar