MENPAN RB YUDDY TEGASKAN BAHWA DALAM PENERIMAAN PNS TAK AKAN ADA . . .

Assalamualaikum, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Yuddy Chrisnandi menegaskan, tak ada penerimaan PNS dari jalur umum pada tahun ini.
"Tak ada penerimaan dari jalur umum," kata dia.
Dijelaskannya, penerimaan hanya untuk sekolah kedinasan seperti IPDN atau guru serta bidan di wilayah perbatasan. Itupun jumlahnya sangat terbatas.
Yuddy mengatakan, pihaknya saat ini sementara melakukan evaluasi kepegawaian.
"Kemungkinan penerimaan CPNS nanti dilakukan tahun 2017 atau 2019," kata dia.
Menurut Yuddy, jumlah ideal PNS adalah 3,5 Juta. Jumlah PNS saat ini tercatat sudah 4,5 Juta."Jadi ada kelebihan 1 juta PNS," kata dia.
Jumlah PNS yang gemuk itu, beber dia, sudah menggerogoti APBN. Dibebernya, anggaran untuk PNS secara nasional berjumlah 38 persen dari APBN."Di daerah ada yang sudah lebih dari 50 persen," beber dia.
Untuk guru, kata dia, Indonesia butuh tambahan puluhan ribu guru.
Dikatakannya, persoalan guru adalah distribusi yang tidak merata."Ada daerah yang banyak gurunya, ada yang sedikit," kata dia.
Yuddy membeber, pihaknya bakal melakukan rasionalisasi PNS. Hal itu akan dimulai tahun depan.
"Kita akan adakan klasifikasi pegawai, yang berkinerja buruk mungkin akan kena kebijakan itu," kata dia.
Saat berkunjung ke Bitung MenPAN RB yang dijamu Wali Kota Bitung, Maximilian Lomban, pihaknya masih memberlakukan moratorium penerimaan CPNS.
Yuddy pun menyentil soal pelayanan publik. Misalnya, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil yang butuh perbaikan agar lebih baik lagi.
Demikian juga pelayanan SIM yang melibatkan Polres, pelayanan pajak, rumah sakit, BPJS dan Samsat kualitas pelayanannya harus ditingkatkan.
'Ini agar tingkat kepuasan masyarakat semakin tinggi, '' ujarnya.
Dia meyakini, jika pelayanan publik di Kota Bitung dan Kota Manado semakin baik akan menjadi barometer daerah lainnya di Provinsi Sulut.
Ketika berkunjung ke Polres Bitung dan Polsek Maesa serta Rumah Sakit di Bitung dia juga mengingatkan agar pelayanan dilakukan lebih baik lagi.
''Setiap pengaduan harus diproses cepat. Aparat kepolisian itu melindungi, mengayomi masyarakat, sehingga siapa pun yang mengadu harus dilayani dengan baik, '' ujarnya.
Sedangkan Wali Kota Bitung, Maximilian Lomban adanya moratorium membuat mereka tak bisa melakukan penerimaan ASN."Sudah tujuh kali kami ajukan tapi hasil negatif," ujar Lomban.
Dia pun merespons positif arahan dari MenPAN RB. Lomban berjanji akan meningkatkan kualitas pelayanan di Kota Bitung.'
'Saya akan meningkatkan lagi kualitas pelayanan.Tujuannya agar memacu perekonomian dan kesejahteraan masyarakat serta mewujudkan pembangunan yang lebih baik. Kami juga akan konsen di bidang pariwisata, '' ujar Lomban meyakinkan.
Terima kasih telah mengunjungi laman kami, semoga bermanfaat

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "MENPAN RB YUDDY TEGASKAN BAHWA DALAM PENERIMAAN PNS TAK AKAN ADA . . ."

Posting Komentar