PERINGATAN !!!, SATU JUTA PNS AKAN DIGANTIKAN DENGAN KECANGGIHAN SISTEM TEHNOLOGI DAN INFORMASI

Assalamualaikum, Kementerian Keuangan (Kemenkeu) menilai rencana pemangkasan satu juta pegawai negeri sipil (PNS) mulai tahun depan adalah satu kemajuan. Pemangkasan ini lebih dinilai akan memberikan efisiensi terhadap fungsi suatu lembaga.

Menteri Keuangan Bambang Brodjonegoro mengatakan meskipun jumlah pemangkasan pegawai yang direncanakan tergolong besar, pemangkasan pegawai ini tidak akan mengurangi tingkat pelayanan suatu institusi. Sebab, fungsi dari pegawai tersebut nantinya akan digantikan oleh sistem yang lebih canggih


"Ya tidak lah. Yang harusnya dirampingkan kan yang dianggap fungsinya sudah tergantikan oleh yang ada maupun oleh sistem," kata Bambang di acara kampanye e-filling dan e-billing Kementerian Keuangan, di Sarinah, Jalan MH Thamrin, Jakarta, Minggu (29/5/2016).

Bambang menjelaskan, tugas-tugas pegawai-pegawai tersebut nantinya akan digantikan oleh sistem online dan sistem IT yang lebih canggih. Ia juga menegaskan, pemerintah tidak serta merta melakukan pemangkasan. Pemangkasan pegawai ini dilakukan hanya untuk bidang-bidang yang bisa digantikan dengan sistem. Untuk bidang yang tidak bisa digantikan oleh sistem, pemerintah tetap membutuhkan pegawai tersebut.

"Kalau kita kan butuh untuk yang penerimaan seperti pajak dan bea cukai. Mungkin kita ada pengurangan terutama dengan bidang-bidang yang bisa digantikan. Kan sudah banyak yang online dan pakai IT," jelas dia.

Dia melanjutkan meskipun diakuinya ada pemangkasan pegawai, negara bisa menghemat pengeluaran dalam jumlah tertentu. Bambang menuturkan, pemerintah juga harus mempersiapkan terkait dengan pesangon atau golden shake hand dari pemangkasan pegawai tersebut.

"Ya (penghematannya) kurangi 1 juta dikali jumlah gajinya. Tapi kan harus semacam ada pesangon atau golden shake hand," pungkas dia.

Sekadar informasi, pemerintah berencana untuk memangkas jumlah pegawai negeri sipil sebanyak satu juta pegawai sampai dengan 2019. Pemangkasan ini dilakukan step by step. Untuk tahun depan sekitar 330.000 pegawai akan diberhentikan. Disusul dengan tahun-tahun berikutnya. Sehingga pada 2019 total pegawai yang terpangkas mencapai satu juta pegawai.


Terima kasih telang mengunjungi laman kami semoga informasi yang diperoleh bermanfaat

0 Response to "PERINGATAN !!!, SATU JUTA PNS AKAN DIGANTIKAN DENGAN KECANGGIHAN SISTEM TEHNOLOGI DAN INFORMASI"

Posting Komentar