TAHUKAH ANDA APA YANG SEBENARNYA SISWA INGIN DILIHAT DARI GURUNYA?

Tidak hanya sebagai fasilitator, guru merupakan orang tua bagi murid di sekolah. Sama seperti orang tua, murid juga menginginkan sesuatu dari gurunya. 

Beberapa hal berikut jarang diungkapkan siswa tentang apa yang ia lihat dari seorang gurunya. Beberapa pernyataan berikut diambil dari pendapat siswa SMA di Jakarta:



Penampilan yang profesional
Terlihat rapih, meski berpakaian formal atau sekadar batik. Murid memperhatikan segala setuatu yang dipakai guru. Bahkan pakaian yang guru kenakan membuat pernyataan tentang pribadi guru. Aksesoris, tas, dan make up yang seperlunya lebih disukai oleh siswa. Guru yang terlalu sibuk mengurusi penampilan juga mengganggu perhatian siswa.

Apa yang harus guru pakai?
Tidak terlalu modis dan juga tidak terlalu santai. Pakaian yang elegan dan rapi merupakan kesukaan siswa. Menggunakan pakaian dengan sedikit warna hidup dapat membuat siswa nyaman mengikuti pelajaran. Tidak melulu monoton dengan warna baju yang itu-itu saja. 

Penampilan yang menyenangkan
Terlihat menyenangkan adalah poin utamanya. Tidak mencampuri urusan pribadi dan kegiatan belajar di kelas. Seberapa kesal guru, tidak patut diumbar dalam kelas. Jika guru merasa senang, hal tersebut akan meberi percikan semangat. Lupakan kekesalan, ikutlah bergembira bersama siswa di kelas. Guru yang bahagia membuat siswa yang bahagia pula. Di negara Finlandia, rahasia sukses pembelajaran yang baik dimulai dari kelas yang menyenangkan. Kelas yang menyenangkan dimulai dari guru yang selalu bahagia.


Terima kasih telah mengunjungi laman kami dan semoga pengetahuan yang diperoleh bermanfaat

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "TAHUKAH ANDA APA YANG SEBENARNYA SISWA INGIN DILIHAT DARI GURUNYA?"

Posting Komentar