TAHUKAH ANDA ? MENGAPA DOKTER MEMAKAI BAJU HIJAU DI RUANG OPERASI?

Assalamualaikum, Jika kalian pernah pergi ke rumah sakit. Coba perhatikan warna pakaian yang sering digunakan dokter. Selain putih, dokter juga memakai pakaian hijau saat sedang melakukan operasi.

Mengapa warna hijau yang dipilih? Menurut psikolog John Werner dari Universitas California, saat melakukan operasi, dokter sering kali menemukan warna merah dalam tubuh manusia. 


Merah tersebut berasal dari darah, mulai dari merah muda hingga merah kehitaman. Semua warna merah tersebut jika terus-menerus di pandang, lama kelamaan akan memunculkan ilusi. 

Ilusi tersebut berupa pandangan hijau saat mengalihkan pandangan pada permukaan yang putih. Paparan warna merah yang terus menerus juga dapat membuat mata menjadi kurang sensitif terhadap warna merah.

Tentu hal tersebut tidak boleh terjadi, karena dokter bekerja membutuhkan ketelitian. Pandangannya harus jeli, terutama saat melakukan operasi. Untuk mengantisipasi hal tersebut dirancanglah pakaian operasi yang serba hijau. 

Hijau merupakan warna berlawanan dari merah dalam roda warna. Warna hijau juga dapat menetralkan dominasi warna merah yang sering terlihat oleh dokter. Awalnya dokter juga menggunakan pakaian putih namun warna putih nampaknya berdampak pada kelelahan mata.


Semoga bermanfaat, dan terima kasih telah mengunjungi laman kami

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "TAHUKAH ANDA ? MENGAPA DOKTER MEMAKAI BAJU HIJAU DI RUANG OPERASI? "

Posting Komentar