INILAH JAWABAN KEPALA BADAN KEPEGAWAIAN MENGENAI UANG MAKAN PNS

Assalamualaikum, kepada Kepala BKD Provinsi Kalsel Yth. 
Apakah PNS mulai tahun 2016 dapat uang makan, karena peraturan menteri keuangan sudah terbit, termasuk guru PNS kah Pak. Itu saja pertanyaan saya dan kapan realisasinya Pak, terima kasih.
081282003xxx

TANGGAPAN:

SEHUBUNGAN dengan diberlakukannya Peraturan Menteri Keuangan RI Nomor 72/PMK.05/2016 Tanggal 26 April 2016 Tentang Uang Makan Bagi Pegawai ASN, dapat dijelaskan sebagai berikut :


1. Dalam BAB I Pasal 1 tentang ketentuan umum, dijelaskan bahwa Pengertian Pegawai ASN adalah Pegawai Negeri Sipil (termasuk CPNS) dan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK), yang diangkat oleh Pejabat Pembina Kepegawaian dan diserahi tugas dalam jabatan pemerintahan atau diserahi tugas negara lainnya dan digaji berdasarkan peraturan perundang-undangan.
2. Dalam Permenkeu tersebut di atas antara lain diatur sbb :
a. Uang makan diberikan berdasarkan daftar hadir selama 1 (satu) bulan.
b. Besaran Uang Makan per hari sesuai dengan satuan biaya sebagaimana diatur dalam permenkeu mengenai standar biaya masukan.
c. Uang makan tidak diberikan bagi pegawai ASN yang tidak hadir kerja, melaksanakan perjalanan dinas, melaksanakan cuti, melaksanakan tugas belajar, diperbantukan/dipekerjakan di luar instansi pemerintah.
3. Pengalokasian Anggaran Uang Makan ini dialokasikan dalam Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran Satuan Kerja berkenaan.
4. Selama ini pemberian Uang Makan bagi PNS telah dijalankan dan diperuntukkan hanya bagi PNS Pusat yang diatur dalam Permenkeu nomor 110/PMK.05/2010 (telah dicabut).
5. Untuk Pelaksanaan dari Permenkeu Nomor 72/PMK.05/2016, mengingat baru ditetapkan pada tanggal 26 April 2016 yang lalu, maka Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan masih menunggu peraturan pelaksanaan selanjutnya, karena berkaitan dengan teknis dan alokasi penganggaran keuangan di daerah.
6. Sehubungan hal tersebut, maka untuk pelaksanaan pemberian uang makan bagi Pegawai ASN di lingkungan Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan, saat ini belum dapat diberikan sampai ada kejelasan mengenai mekanisme dan aturan penganggaran keuangan di daerah.

Drs HM Thamrin MSi
Kepala BKD Provinsi Kalsel


Terima kasih telah mengunjungi laman kami, semoga informasi yang diperoleh bermanfaat. TOLONG SEGERA DIBAGIKAN AGAR SEMUA TEMAN DAN KELUARGA TAHU

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "INILAH JAWABAN KEPALA BADAN KEPEGAWAIAN MENGENAI UANG MAKAN PNS"

Posting Komentar