PNS GALAU KARENA RASIONALISASI

Assalamualaikum, Sejumlah PNS di lingkungan Pemprov Sumbar galau terhadap informasi yang dikeluarkan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB), terkait rencana menata aparatur sipil negara (ASN) dengan cara rasionalisasi.

Seorang PNS di Kantor Gubernur Sumbar misalnya, yang enggan disebutkan namanya, merasa posisinya ‘terancam’ jika kebijakan itu benar-benar diterapkan.


“Dalam informasi itu dise­butkan PNS yang memangku tugas fungsional umum, termasuk yang akan terkena rasionalisasi. Berarti saya termasuk salah satunya, karena saat ini saya staf operator komputer, di mana-mana setiap orang kini rata-rata sudah bisa mengoperasikan komputer,” ka­tanya galau.

Beberapa waktu lalu, Kemen­terian PAN-RB, merilis informasi bahwa dalam rencana kebijakan rasionalisasi ini, PNS didorong untuk pensiun dini atau melalui skema golden handshake atau kompensasi. Mereka bisa juga  ditempatkan ke daerah yang masih kekurangan PNS, setelah diberikan pendidikan dan pe­latihan.

Rasionalisasi diterapkan bagi pegawai yang memiliki kompe­tensi, kualifikasi, dan kinerja rendah, yaitu pegawai yang tidak memiliki kualifikasi, tidak ber­kompeten, tidak berkinerja, dan tidak disiplin.

Disebutkan, rasionalisasi ditu­ju­kan untuk  pegawai di jabatan fung­sional umum, setelah itu  pejabat struktural. Jumlah PNS di fungsional umum sangat besar, yakni 1,9 juta orang atau 42 persen dari jumlah PNS. 

Diinformasikan, rasionalisasi PNS rencananya mulai 2017 sampai 2019 dan masih berlanjut sampai 2024. PNS yang akan dipensiundinikan akan menerima hak-haknya, termasuk pemberian pelatihan kewirausahaan se­hing­ga saat pensiun, kehidupan PNS terjamin, sehingga tidak ada istilah ‘habis manis sepah di­buang’.

Sementara itu Sekda Sumbar Ali Asmar mengatakan, PNS tak usah galau, resah, gelisah. Menu­rut dia, pegawai negeri bekerja saja yang rajin, tingkatkan kom­pe­tensi, dan berkinerja bagus.


Terima kasih telah mengunjungi laman kami, semoga informasi yang diperoleh bermanfaat. TOLONG SEGERA DIBAGIKAN AGAR SEMUA TEMAN DAN KELUARGA TAHU

0 Response to "PNS GALAU KARENA RASIONALISASI"

Posting Komentar