TAHUKAH ANDA ARTI DAN KEGUNAAN DARI YELLOW BOX?

Kalau kamu sedang berkendara dan ada di perempatan, coba deh perhatikan. Biasanya ada garis-garis kuning yang membentuk kotak besar di sana. Kamu tahu itu apa?

Di dalam terminologinya, itu disebut dengan Yellow Box Junction ya. Ini adalah marka jalan loh, bukan hiasan jalan raya. Marka ini berfungsi untuk mencegah arus lalu lintas yang terkunci di persimpangan.


Marka adalah rambu lalu lintas yang berada di atas aspal. Marka sering berbentuk garis dan memiliki warna tertentu. 

Yellow Box Junction ini mulai digunakan di Indonesia pada tahun 2010. Namun, fungsinya sebagai pencegah kemacetan belum begitu disadari pengguna jalan. 

Menurut aturan berlalu lintas, apabila masih ada kendaraan dari jalur lain di dalam kotak kuning itu, kendaraan lain harus menunggu. Meski lampu pengatur lalu lintas sudah menyala hijau.

Sebenarnya, jika kamu nekat menerobos, kamu bisa dipidana loh, sebab garis-garis itu berfungsi seperti garis setop juga. Itu diatur dalam Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu lintas dan Angkutan Jalan. 

Itu disebut pada pasal 287 (2) juncto Pasal 106 (4) huruf a, b tentang rambu-rambu lalu lintas dan berhenti di belakang garis setop. Melanggar itu, kamu bisa dipidana kurungan dua bulan penjara atau denda Rp 500.000.


Terima kasih telah mengunjungi laman kami. Tolong bantu di Share yaaaaaa..... agar semua orang tahu.
loading...

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "TAHUKAH ANDA ARTI DAN KEGUNAAN DARI YELLOW BOX?"

Posting Komentar