Kemendikbud Siapkan Sekolah Rujukan

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) tengah mempersiapkan pembentukan Sekolah Rujukan di 514 Kabupaten/Kota, yang nantinya akan menjadi pusat pembelajaran bagi sekolah-sekolah di sekitarnya. Sekolah Rujukan akan dilengkapi laboratorium komputer.

Sekolah rujukan ini nantinya akan membina sekolah di sekitarnya, bagaimana pemebelajaran dan perpustakaan yang baik, menyiapkan materi pembelajaran dan mendorong terciptanya perpustakaan digital di daerah tersebut. Diharapkan, dengan adanya Sekolah Rujukan dapat mengurangi kesenjangan pendidikan dan terjadi pemerataan pendidikan di seluruh Indonesia.

Image result for sekolah sd

“Saat ini sedang dipersiapkan Sekolah Rujukan, dimana sekolah tersebut nantinya menjadi pusat pembelajaran bagi sekolah-sekolah di sekitarnya. Sekolah Rujukan akan dilengkapi dengan laboratorium komputer. Jadi di dalam satu kabupaten akan memiliki satu Sekolah Rujukan di dalamnya,” ujar Direktur Pengembangan Sekolah Menengah Pertama dan Dirjen Pendididkan Dasar dan Menengah Kemendikbud, Supriano, Rabu (12/10/2016).

Sekolah Rujukan ini juga merupakan sarana memanfaatkan teknologi informasi, karena teknologi informasi tidak hanya memberikan kemudahan layanan tetapi menjadikan informasi lebih akurat, cepat, variatif dan mudah diakses.

“Adapun syarat-syarat sekolah yang akan dijadikan sebagai Sekolah Rujukan yakni sekolah tersebut telah menerapkan kurikulum 2013, memiliki ruangan atau lahan yang cukup, tidak ada sistem pembelajaran yang double shift dan Sumber Daya Manusianya memadai,” tambah Supriano.

Sebelumnya, untuk pemerataan pelayanan di bidang pendidikan, Kemendikbud mengadakan Sekolah Garis Depan (SGD) yang ditujukan untuk daerah perbatasan dan terpencil yang sulit mendapatkan akses pendidikan.

Terimakasih sudah mengunjungi laman kami...
silahkan di share.....

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Kemendikbud Siapkan Sekolah Rujukan"

Posting Komentar