TIPS...... IDE SISWA MUNCUL BERKAT PLACEMATE

Seperti biasa dalam proses pembelajaran saya menggunakan model siswa berkelompok. Tetapi ternyata dengan menggunakan model berkelompok ini ada beberapa siswa terutama ketua kelompok mengeluhkan temannya yang tidak mau bekerja atau tidak pernah menyumbangkan idenya. Memang di kelas tersebut ada beberapa siswa yang sudah lama saya amati kurang aktif dalam pembelajaran. Dia hanya memperhatikan ketua kelompok bekerja. Jika saya hampiri baru mereka berlagak ikut sibuk.

Terlintaslah pengalaman saya berkunjung ke Seaton High School. Kala itu, saya dan teman-teman diminta oleh pemandu dari sekolah tersebut untuk menjelaskan kurikulum yang ada di Indonesia. Semua terdiam malu, tidak ada yang berani menjelaskan. Sang pemandu lalu mengeluarkan kertas. Ia meminta kami membagi kertas tersebut menjadi beberapa kolom dan kami harus mengisi kolomkolom tersebut secara bersamaan. Usai mengisi, kami dipersilakan mendiskusikannya.

Ide Siswa Muncul Berkat <i>Placemate</i>


Pengalaman tersebut saya terapkan pada materi barisan bilangan dengan langkah-langkah sebagai berikut:

Siswa dikelompokkan menjadi beberapa kelompok (terdiri dari 4-5 orang);
Saya membagikan LK 4.2;
Siswa mengamati contoh-contoh barisan bilangan aritmatika dan barisan geometri yang terdapat pada tabel dalam LK 4.2;


Secara individual siswa menuliskan dengan bahasa sendiri pengertian barisan aritmetika dan geometri menurut pendapat masing-masing pada placemate yang disediakan.
Setiap siswa membacakan hasil kerjanya;
Siswa mendiskusikan pendapat individual itu untuk dijadikan hasil kelompok  yang disajikan pada placemate bagian tengah;
Setiap kelompok menginformasikan hasil diskusinya dan kelompok lain menanggapi.
Setelah selesai pembelajaran saya memeriksa placemate yang mereka isi. Mereka ternyata mampu mengisinya dengan bahasa mereka sendiri. Saya merasa mereka sudah mulai berani mengeluarkan pendapatnya sendiri.

Demikian informasi yang kami sampaikan yang kami lansir dari www.prioritaspendidikan.org . Silahkan like fanspage dan tetap kunjungi situs kami di www.metronesia.com. Kami akan selalu memberikan berita terbaru, terhangat, terpopuler, dan teraktual yang diperoleh dari berbagai sumber yang terpercaya. 

Terima Kasih atas kunjungan anda Semoga informasi yang kami sampaikan ini bermanfaat dan terima kasih. Untuk info terbaru lainnya silakan kunjungi laman DISINI..!

Mohon Dishare agar semua rekan - rekan kita tahu

Baca juga informasi terkait di bawah yang juga sangat menarik
loading...
LIKE & SHARE

0 Response to "TIPS...... IDE SISWA MUNCUL BERKAT PLACEMATE"

Posting Komentar