YESSSS... PENENTUAN PESERTA PLPG TUNGGU JUKNIS

Mekanisme penentuan peserta program Pendidikan Latihan Profesi Guru (PLPG) pada tahun depan, sampai saat ini belum bisa dipastikan apakah masih menggunakan acuan dari hasil Uji Kompetensi Guru (UKG) atau tidak.

Kasi Pengembangan Pendidik dan Tenaga Kependidikan (PPTK) Dikdas Dinas Pendidikan Kabupaten Banyumas, Susmoro, mengatakan dalam penentuan peserta PLPG, saat ini mekanismenya masih menunggu petunjuk teknis (juknis) terbaru dari Kemendikbud.

Image result for PLPG GURU

‘’Kami belum tahu apakah acuannya masih menggunakan hasil dari UKG atau tidak. Yang jelas penentuan peserta PLPG langsung dilakukan oleh pemerintah pusat, namun acuannya apa kami belum tahu. Kami yang di daerah hanya tinggal meneruskan ke guru yang menjadi peserta,’’ungkap dia.

Dia menjelaskan, di Banyumas saat ini masih ada seribu lebih guru dari jenjang TK sampai SMA/SMK yang masuk dalam daftar tunggu peserta PLPG. Mereka sudah melakukan pemberkasan di Lembaga Penjamin Mutu Pendidikan (LPMP) Semarang. ‘’Mereka telah memenuhi persyaratan dan telah menyerahkan berkas. Namun lantaran kuota PLPG yang dialokasikan untuk Banyumas terbatas, terpaksa mereka belum bisa ikut,’’terangnya.

15 Ribu Orang

Menurut dia, kuota secara nasional peserta PLPG pada tahun ini mencapai sekitar 15 ribu orang. Adapun kuota Kabupaten Banyumas tahun ini sebanyak 404 orang. Jumlah ini sudah termasuk dengan tambahan kuota optimalisasi sebanyak 32 orang.

Mereka yang masuk ke dalam kuota optimalisasi tersebut merupakan guru SD. ‘’Penentuan guru yang masuk ke dalam kuota optimalisasi langsung dilakukan oleh Kemendikbud. Dinas Pendidikan hanya mendapatkan pemberitahuan,’’ ungkap Susmoro.

Image result for plpg

Dengan bertambahnya kuota tersebut, maka akan mengurangi jumlah guru yang masuk ke dalam daftar tunggu peserta PLPG, di mana kegiatan ini merupakan bagian dari proses yang harus diikuti oleh guru untuk mendapatkan sertifikat sebagai pendidik profesional. 
Demikian informasi yang kami sampaikan yang kami lansir dari berita.suaramerdeka.com . Silahkan like fanspage dan tetap kunjungi situs kami di www.metronesia.com. Kami akan selalu memberikan berita terbaru, terhangat, terpopuler, dan teraktual yang diperoleh dari berbagai sumber yang terpercaya. 

Terima Kasih atas kunjungan anda Semoga informasi yang kami sampaikan ini bermanfaat dan terima kasih. Untuk info terbaru lainnya silakan kunjungi laman DISINI..!

Mohon Dishare agar semua rekan - rekan kita tahu

Baca juga informasi terkait di bawah yang juga sangat menarik
loading...
LIKE & SHARE

0 Response to "YESSSS... PENENTUAN PESERTA PLPG TUNGGU JUKNIS"

Posting Komentar