5 CARA MUDAH DAN SEDERHANA MEMBUAT MIND MAP UNTUK ANAK

Mengapa mind map sangat bermanfaat dalam proses pembalajaran ?
Jawabannya karena dengan mind map anak dapat menggali informasi dari dalam dan luar otak anak, dengan mind map anak akan lebih cepat dalam proses memahami sebuah pelajaran, serta menghilangkan kejenuhan anak dalam balajar.

Bagaimana cara membuat mind map yang sederhana?
Baiklah sekarang kita akan belajar membuat mind map sederhana dengan mengikuti langkah-langkah sebagai berikut :

Image result for mind map untuk siswa
  1. Siapkan kerta berwarna tanpa garis dan beberapa alat tulis berwarna-warni seperti spidol, crayon, connector pen atau pensil warna.
  2. Buatlah sebuah gambar utama pada bagian tengah kertas berwarna yang melambangkan topik utama yang sesuai dengan pilihan anak.
  3. Tariklah beberapa garis tebal dari gambar utama sehingga membentuk ranting-ranting ide dari topik utama yang kemudian kita sebut dengan subtopik.
  4. Berilah nama setiap ranting-ranting ide yang telah dibuat berdasarkan topik utama yang dipilih.
  5. Andapun dapat membuat ranting-ranting ide dari masing-masing subtopik yang relevan, sehingga akan membentuk seperti ranting pohon. Ranting-ranting ide sebaiknya merupakan kata-kata kunci yang lebih detail dari subtopik.


Nah setelah semua alat disiapkan anda tinggal mengikuti langkah-langkah di atas, jelaskanlah dengan bahasa sederhana yang mudah dipahami oleh anak. Untuk permulaan belajar membuat mind map sebaiknya pilihlah tema yang sederhana agar anak lebih mudah dalam memahami cara membuat mind map, tema yang dipilih dapat berupa :
  • diri sendiri
  • rumahku
  • keluargaku
  • sahabatku
  • dll.

Jika anak masih kesulitan membuat subtopik yang banyak cukup minimal 3 ranting saja, biarkan anak belajar perlahan-lahan yang penting konsep pembuatan mind map telah mereka pahami. Pandulah anak dalam membuat gambar subtopik jika mereka masih kesulitan dalam menulis.

Metode pembuatan mind map di atas dapat anda sesuaikan dengan tingkat pendidikan dan umur anak semakin dini usia anak maka semakin sederhana bentuk mind map yang anda ajarkan, dan begitu pula sebaliknya. 

Setelah anda rutin melatih anak membuat mind map cobalah untuk membuat test kecil untuk mengetahui sampai di mana tingkat keberhasilan belajar anak dengan menggunakan metode mind map, adapun bentuk tesnya dapat anda lakukan dengan beberapa cara seperti berikut :
  1. Memberikan pertanyaan untuk menguji ingatannya.
  2. Memberikan tugas untuk membuat catatan mengenai sebuah topik.
  3. Memberikan tugas untuk mencari ide mengenai suatu hal.
  4. Menguji konsentrasi anak.
  5. Memberikan beberapa pertanyaan tertulis dengan batas waktu menjawab.
  6. dll.

0 Response to "5 CARA MUDAH DAN SEDERHANA MEMBUAT MIND MAP UNTUK ANAK"

Posting Komentar