Guru Wajib Pahami Standar Pendidikan Nasional

Mendikbud Prof Dr Muhadjir Effendy meminta para guru memahami standar pendidikan nasional dengan baik. Sebab, standar ini akan menjadi ukuran untuk meningkatkan mutu pendidikan dari jenjang anak usia dini, TK, SD, SMP hingga SMA.

“Jika guru sampai tidak memahami dengan baik standar pendidikan nasional maka akan berdampak pada kualitas pembelajaran.Ini tentu tidak boleh terjadi. Keinginannya bagaimana guru harus profesional dari waktu ke waktu,” kata dia saat membuka kegiatan sosialisasi dan penandatanganan MoU Pemberian Bantuan Bimtek Kurikulum 2013 (K-13) Bagi Guru SMA dan SMK di Jateng Jumat (21/4).

Image result for mendikbud

Disebutkannya, standar nasional pendidikan adalah kriteria minimal tentang sistem pendidikan di wilayah hukum Tanah Air. Standar itu mencakup kompetensi lulusan,isi, proses, pendidikan-tenaga kependidikan, hingga sarana prasarana. Lebih dari itu juga pengelolaan, pembiayaan serta penilaian pendidikan. Jika ukuran ini dipahami penuh para pendidik maka kriteria minimal mutu pendidikan akan tercapai.

Mengenai K-13 yang pelaksanaannya dibarengkan pemberlakuan kurikulum 2006, Muhadjir mengakui niatnya sangat mulia. Itu mencakup usaha mendidik dan membentuk karakter siswa dengan berbagai nilai keteladanan.

“Terutama yang paling penting adalah kejujuran. Karena itu amanah pendidikan juga mencakup upaya penguatan Karakter 70 persen untuk siswa-siswi SD, 60 persen SMP, serta 40 persen SMK/ SMA. Platform Presiden Joko Widodo berkaitan revolusi mental pada akhirnya juga akan luruh melalui kurikulum ini,” ungkap Menteri.

Penguatan karakter tersebut sangat dibutuhkan tujuannya mempersiapkan peserta didik memasuki dunia kerja bagi lulusan SMK. Atau untuk mereka yang akan menempuh pendidikan tinggi bagi alumnus SMA.

loading...
LIKE & SHARE

0 Response to "Guru Wajib Pahami Standar Pendidikan Nasional"

Posting Komentar