TIPS GURU MENGHIDUPKAN KELAS

Pembelajaran di sekolah tidak sekedar menyampaikan materi. Dalam hal ini peserta didik sebagai objek. Objek hidup bukan barang mati, di mana memiliki pikiran dan perasaan. Seorang guru harus bisa mengolah hatinya dengan baik saat berhadapan dengan peserta didik. Ketenangan, kesabaran, kasih sayang dan kebetahan peserta didik di dalam kelas untuk menikmati proses pembelajaran adalah sebagian faktor yang mempengaruhi keberhasilan dalam proses belajar mengajar. Seharusnya guru mengembangkan suasana bebas bagi peserta didik untuk mengkaji apa yang menarik minat bakat serta mengekspresikan ide-ide kreatif mereka. Tapi pada kenyataannya masih banyak pembelajaran yang cenderung bersifat teoritis dan tidak terkait dengan lingkungan nyata peserta didik.

Image result for kelas siswa

Guru semestinya bisa menciptakan suasana pembelajaran yang aktif, inovatif, kreatif, efektif dan menyenangkan. Aktif di mana guru bisa menciptakan suasana yang membuat peserta didik aktif bertanya serta mengemukakan pendapat. Inovatif di mana guru mampu membuat perubahan dalam proses pembelajaran dengan menggunakan berbagai metode sehingga peserta didik bisa menikmati proses pembelajaran. Kreatif ketika guru menciptakan kegiatan belajar yang beragam sehingga memenuhi berbagai tingkat kemampuan peserta didik dan suasana belajar mengajar yang menyenangkan.

Untuk menciptakan suasana belajar di kelas yang menyenangkan maka guru harus dapat menciptakan hubungan yang harmonis dengan peserta didik. Mengajar dengan hati dan cinta merupakan alah satu kunci sukses bagi semua guru untuk membangun sebuah hubungan yang indah dengan peserta didik agar tercipta suasana yang menyenangkan. Ada beberapa hal yang harus jadi perhatian bagi guru menurut (Didik dan Murtafi'atun), hal-hal tersebut antara lain:

Melakukan kontak mata dengan baik pada peserta didik, hal ini menunjukkan kepada peserta didik tentang keterbukaan dan kesungguhan. Ekspresi dan impresi dengan gerak tubuh, hal ini menunjukkan ketertarikan pada topik pembicaraan. Cara ini juga bisa mengingatkan kita untuk memiliki sudut pandang lain, tidak hanya fokus pada diri kita. Membuat selingan pembicaraan yang menarik karena hal ini bisa membuat suasana lebih hidup dan tidak monoton. Mengulang atau mencuplik kata yang diucapkan oleh peserta didik, hal ini sebagai bentuk bahwa guru memang mendengarkan dengan baik hingga hafal beberapa cuplikan kata. Membuat komitmen untuk memahami apa yang dikatakan peserta didik, meskipun kita tidak suka atau marah.

Itulah tips atau cara bagi guru untuk menghidupkan suasana pembelajaran di kelas agar lebih efektif dan tidak monoton, karena tentunya siswa akan merasakan kejenuhan dalam kegiatan belajar di kelas jika pembelajaran itu bersifat monoton. Semoga dengan adanya artikel ini dapat membantu saudara-saudara, ihwal menghidupkan suasana pembelajaran di kelas lebih efektif.

Demikian informasi yang kami sampaikan mengenai Tips Guru Menghidupkan Kelas yang kami lansir dari warungles.blogspot.co.id . Silahkan like fanspage dan tetap kunjungi situs kami di www.metronesia.com. Kami akan selalu memberikan berita terbaru, terhangat, terpopuler, dan teraktual yang diperoleh dari berbagai sumber yang terpercaya. 

Terima Kasih atas kunjungan anda Semoga informasi yang kami sampaikan ini bermanfaat dan terima kasih. Untuk info terbaru lainnya silakan kunjungi laman DISINI..!

Mohon Dishare agar semua rekan - rekan kita tahu

Baca juga informasi terkait di bawah yang juga sangat menarik

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "TIPS GURU MENGHIDUPKAN KELAS"

Posting Komentar