Peristiwa hari ini 2 Mei, Hari Pendidikan Nasional dan Tewasnya Osama bin Ladin

Pada hari ini 2 Mei banyak peristiwa besar yang terjadi. Selain tanggal peringatan Hari Pendidikan Nasional, tepat tanggal 2 Mei Osama bin Ladin tewas. 

1. Hari Pendidikan Nasional.

Seperti yang tertulis di wikipedia, Hari Pendidikan Nasional diperingati setiap tanggal 2 Mei, dimana pada tanggal tersebut hari ulang tahun Ki Hadjar Dewantara, pahlawan nasional yang dihormati sebagai bapak pendidikan nasional di Indonesia.

Image result for hari pendidikan nasional

Ki Hadjar Dewantara lahir dari keluarga kaya pada era kolonialisme Belanda, ia dikenal karena berani menentang kebijakan pendidikan pemerintah Hindia Belanda yang hanya memperbolehkan anak-anak kelahiran Belanda atau orang kaya yang bisa mengenyam bangku pendidikan.

Kritiknya terhadap kebijakan pemerintah kolonial menyebabkan ia diasingkan ke Belanda. kembali ke Indonesia, ia kemudian mendirikan sebuah lembaga pendidikan bernama ‘Taman Siswa’.

Ki Hadjar Dewantara diangkat sebagai menteri pendidikan setelah kemerdekaan Indonesia. Filosofinya, tut wuri handayani (“di belakang memberi dorongan”), digunakan sebagai semboyan dalam dunia pendidikan Indonesia.

Ki Hadjar Dewantara wafat pada tanggal 26 April 1959. Untuk menghormati jasa-jasanya terhadap dunia pendidikan Indonesia, pemerintah Indonesia menetapkan tanggal kelahirannya sebagai Hari Pendidikan Nasional.

2. Badai Nargis Myanmar. 

Badai Nargis (Penamaan JTWC: 01B, juga dikenal sebagai Very Severe Cyclonic Storm Nargis) ialah sebuah badai tropis kencang yang bertemu daratan di Myanmar pada tanggal 2 Mei 2008, mengakibatkan kemusnahan bencana dan sekurang-kurangnya 22.980 nyawa hilang dan diperkirakan jumlah korban keseluruhan mungkin mencapai 100.000 jiwa. Nargis ialah badai bernama paling dahsyat di lempengan Samudera Hindia Utara, dan juga badai bernama kedua paling besar sepanjang sejarah setelah Topan Nina. Termasuk sekali ribut tanpa nama, Nargis ialah badai ke-12 paling parah sepanjang sejarah. Nargis ialah badai tropika pertama yang melanda Myanmar sejak Badai Mala menemui daratan pada tahun 2006.

Gelombang bernama pertama dalam musim badai Samudera Hindia Utara 2008 ini berkembang pada tanggal 27 April di pusat Teluk Benggala. Mula-mulanya Nargis perlahan-lahan menuju ke arah barat laut, dan setelah menemui keadaan yang menggalakkan, maka gelombang itu semakin kuat. Udara kering melemahkan badai itu pada 29 April, namun setelah mulai bergerak ke arah timur, Nargis bertambah kencang mencapai puncak sekurang-kurangnya 165 km/j (105 bsj), Joint Typhoon Warning Center menilai angin puncak sebesar 215 km/j (135 bsj).

Badai itu menuju ke daratan di Divisi Ayeyarwady di Myanmar semakin mencapai kecepatan puncaknya. Setelah mendekati ibukota Yangon, badai itu berangsur lemah hingga lenyap di dekat perbatasan Myanmar-Thailand.

3. Osama bin Laden tewas.

Pada 2 Mei 2011 Usamah bin Ladin berhasil tertangkap dan tewas dalam serangan yang dilakukan oleh militer Amerika Serikat di Abbottãbad, Pakistan, tempat persembunyiannya. Kemudian 2 Mei 2011 Pasukan Amerika Serikat melakukan tes DNA untuk memastikan kematian pendiri Al Qaeda tersebut.  Muncul juga teori konspirasi yang menyatakan bahwa Usamah bin Ladin sebenarnya sudah mati pada Desember 2001, dan klaim pembunuhan pada 2011 merupakan bagian dari kampanye Barack Obama untuk pemilu mendatang.

Usamah ilahirkan di Jeddah, Arab Saudi, kawasan pantai Laut Merah. Usamah adalah anak ke-17 dari 52 bersaudara. Ayahnya bernama Muhammad bin Ladin, seorang petani dari Yaman yang bermigrasi ke Arab Saudi setelah Perang Dunia II.

Di tempat yang baru ini Muhammad bin Ladin memulai dengan usahanya sebagai kontraktor. Pada akhirnya ia memenangkan banyak kontrak bagi pembangunan masjid-masjid dan istana-istana yang sangat bernilai dari pemerintah Arab Saudi.

Muhammad bin Ladin kemudian menjadi salah seorang yang paling kaya di Arab Saudi, diperkirakan memiliki keuntungan miliaran dolar Amerika Serikat. Dari keuntungannya ini diperkirakan Muhammad bin Ladin memiliki saham sebesar hampir 300 miliar dolar Amerika.

Selain kejadian itu masih banyak peristiwa luar biasa yang tidak bisa kami publikasikan, seperti Cut Nyak Dhien ditetapkan sebagai Pahlawan Nasional Indonesia dengan SK Presiden RI Nomor 106 Tahun 1964.
Sumber: maduralive.com
loading...

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Peristiwa hari ini 2 Mei, Hari Pendidikan Nasional dan Tewasnya Osama bin Ladin"

Posting Komentar