13 Tips Membangun Komunikasi yang Efektif Antara Guru dan Siswa

Berkomunikasi dengan siswa tentu diperlukan skill komunikasi yang baik. Hal itu dikarenakan setiap siswa punya karakter yang berbeda-beda sehingga untuk menyikapinya diperlukan trik khusus. Perlakuan terhadap siswa yang kurang pandai tentu berbeda dengan bagaimana memperlakukan siswa cerdas di kelas.

Tapi bukan berarti siswa yang kurang cerdas harus dikesampingkan  hanya karena ia tidak bisa menjawab pertanyaan yang diajukan. Untuk itulah diperlukan keterampilan komunikasi yang efektif. Lalu bagaimanakah komunikasi yang efektif antara guru dan siswa di kelas?



Dalam berkomunikasi khususnya berkomunikasi dengan anak, ada beberapa tips atau cara tertentu yang bisa dilakukan oleh seorang guru, agar siswa lebih mudah memahami apa yang dimaksud oleh guru tersebut dan bukan hanya itu diharapkan setelah melakukan komunikasi dengan bijak antara guru dan siswa, bisa menumbuhkan perasaan lega dan senang dalam diri siswa. Berikut ulasannya;

13 Tips Membangun Komunikasi yang Efektif Antara Guru dan Siswa

1. Menggunakan bahasa yang mudah dipahami
Dalam proses pembelajaran, seorang guru hendaknya menggunakan bahasa dan kosa kata yang mudah dipahami oleh siswa-siswinya. Penggunaan kata yang tepat tentu baik juga untuk perkembangan anak. Selain itu, lakukan penekanan dan penjelasan berulang-ulang pada apa yang menjadi kata kunci dari pelajaran tersebut.

Sebisa mungkin berbicaralah dengan tempo yang tepat, yakni tidak terlalu cepat dan tidak terlalu lambat. Bicara dengan tempo yang terlalu cepat akan membuat siswa jadi kurang bisa mencerna sedangkan tempo lambat bisa membuat siswa jadi mengantuk.

loading...

0 Response to "13 Tips Membangun Komunikasi yang Efektif Antara Guru dan Siswa"

Posting Komentar