Dapati Pungli di Sekolah? Jangan Ragu Lapor Kemendikbud

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) mengingatkan masyarakat tak ragu melapor bila menemui praktik pungutan liar (pungli). Hal ini untuk memastikan setiap masyarakat mendapatkan layanan pendidikan yang baik

"Pelanggaran-pelanggan sering terjadi dalam praktik yang dilakukan sekolah. Untuk itu, bila melihat pelanggaran, segera laporkan ke Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Termasuk bila ada sekolah yang melakukan pungutan liar (pungli)," kata Staf Khusus Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Fajar Riza Ul Haq, lewat keterangan tertulis, Sabtu (27/1/2018).



Hal ini diungkapkan Fajar ketika mengunjungi Kampung Waringin Jaya, Bojong Gede, Kabupaten Bogor, Jumat (26/1). Dalam kesempatan tersebut, Fajar bertemu dengan masyarakat yang mayoritas kaum ibu-ibu.

Upaya pelaporan pungli dapat dilakukan lewat berbagai cara. Salah satunya melalui https://laporpungli.kemdikbud.go.id.

Dia mengingatkan hadirin untuk benar-benar memperhatikan pendidikan anak-anak. Dia mengatakan pemerintah menjamin hak setiap warga negara untuk menempuh pendidikan dasar.

Kata Fajar, pemerintah saat ini telah membantu 19 juta anak untuk dapat mengenyam pendidikan dasar. Pemerintah fokus pada masyarakat yang berasal dari golongan tidak mampu. Menurutnya, sekolah berperan penting untuk mendata murid tak mampu.

loading...

0 Response to "Dapati Pungli di Sekolah? Jangan Ragu Lapor Kemendikbud"

Posting Komentar