MENGEMBALIKAN SEMANGAT BELAJAR SISWA DI JAM-JAM PELAJARAN TERAKHIR (+1)

Kegiatan belajar mengajar di sekolah pada jam-jam terakhir yaitu pukul 12.00 WIB ke atas, biasanya suasana kelas mulai kurang kondusif. Banyak siswa yang semangat belajarnya mulai menurun, kelelahan sehabis olahraga, ada yang mengantuk, atau bahkan siswa yang duduk di kursi paling belakang berbicara sendiri dengan temannya. 

Hal ini berakibat proses pembelajaran tidak bisa berjalan dengan efektif karena tidak adanya keaktifan siswa dalam proses belajar mengajar. Selain itu, materi pelajaran yang disampaikan oleh guru tidak bisa diserap oleh siswa karena kurangnya respon dari siswa untuk menerima pelajaran .



Hal ini yang sering kami alami ketika mengajar mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di kelas XA di SMKN 1 Tuban Jurusan Kehutanan yang berlokasi di PP. Wali Sembilan Gomang Desa Lajo Lor Kecamatan Singgahan Kabupaten Tuban Propinsi Jawa Timur. 

Pada awal semester genap, ketika kami mengajar di kelas XA yaitu pada jam 12.00-14.00 WIB, kami sering menjumpai sebagian besar siswa kurang bersemangat dalam menerima pelajaran, lesu, mengantuk dan bahkan ada yang tidur. 

Akibatnya, materi pelajaran PAI yang kami sampaikan tidak bisa diserap oleh siswa dan bahkan terkesan menjenuhkan. Setelah materi pelajaran selesai, kami memberikan pertanyaan kepada siswa mengenai materi yang baru saja disampaikan, ternyata banyak siswa yang tidak bisa menjawab dengan alasan tidak mendengarkan karena mengantuk.

Melihat kondisi kelas yang kurang kondusif seperti itu, tentunya kami harus mencari terobosan agar pembelajaran yang kami sampaikan dapat berjalan efektif dan siswa dapat bersemangat kembali untuk menerima pelajaran. Kami harus menciptakan situasi pembelajaran yang menyenangkan dengan sedikit humor dan metode pembelajaran yang tidak monoton.

Adapun langkah-langkah yang kami lakukan untuk mengatasi kondisi kelas yang kurang kondusif seperti di atas adalah sebagai berikut :

1. Selingan pantun

Sebelum pembelajaran dimulai, kami melakukan apersepsi dengan berpantun. Contoh pantunnya sebagai berikut :

loading...

0 Response to "MENGEMBALIKAN SEMANGAT BELAJAR SISWA DI JAM-JAM PELAJARAN TERAKHIR (+1)"

Posting Komentar