PAGE 3 MENGEMBALIKAN SEMANGAT BELAJAR SISWA DI JAM-JAM PELAJARAN TERAKHIR (+1)

3. Menjadikan siswa yang mengantuk atau kurang konsentrasi sebagai obyek pembelajaran

Siswa yang tidak memperhatikan pelajaran atau mengantuk dapat dijadikan obyek dalam pembelajaran. Sebagai contoh pembahasan tentang materi perilaku yang baik. Kami menceritakan suatu kisah dengan menambahkan tokoh dalam cerita tersebut dengan nama siswa yang mengantuk. Ternyata ini mendapatkan respon yang positif dari siswa lain sehingga siswa yang mengantuk tadi menjadi bangkit kembali dan rasa kantuknya berkurang.



4. Hukuman dengan nyanyian lucu

Bagi siswa yang mengantuk atau tidak memperhatikan pelajaran dihukum untuk maju ke depan mennyanyikan lagu anak-anak 'satu-satu Aku Sayang Ibu'. Siswa yang dihukum tersebut disuruh mengulang menyanyikan lagu itu dengan teks yang telah kami ganti.

Pada nyanyi yang kedua ini siswa yang dihukum menyanyi hanya mengucap kata-kata awal yaitu satu-satu, dua-dua, tiga-tiga, dan satu dua tiga. Sedangkan terusannya kami tulis dalam kertas dan dipegang oleh siswa lain sehingga siswa yang dihukum menyanyi tidak mengetahui terusannya. 

Ketika siswa yang dihukum menyanyi mengucapkan satu-satu, maka siswa lain yang membawa tulisan 'Aku sayang pacarku' membuka kertas dan mengangkatnya, siswa yang dihukum menyanyi disuruh segera membacanya dengan keras sebagai lanjutan lirik 'satu-satu'. Begitu seterusnya. Ternyata metode ini dapat membangkitkan kembali semangat siswa dan memberikan pencerahan bagi siswa.

loading...

0 Response to "PAGE 3 MENGEMBALIKAN SEMANGAT BELAJAR SISWA DI JAM-JAM PELAJARAN TERAKHIR (+1)"

Posting Komentar