PAGE 2 - Tips Menghadapi Siswa Yang Beragam

Tetapi tidak jarang, ketika tiba saatnya kita ACTION mengajar di kelas, informasi dan pendapat tentang keunikan siswa yang sudah kita terima sebagai sesuatu yang benar, hilang terbang entah ke mana. 

Kita mengajar sesuai dengan versi kita, menggunakan cara yang menurut kita efektif, mudah, dan menarik–bukan menurut siswa. Padahal, kita sadar sesadar-sadarnya bahwa dalam proses pembelajaran itu, siswalah yang harus belajar. BUKAN GURU YANG MENGAJAR! Dan siswa belajar dengan keunikannya sendiri!

Jadi, kita perlu memahami keunikan pribadi siswa–dan menyesuaikan cara kita mengajar dengan keunikan masing-masing siswa tersebut. 

Prinsipnya: Guru yang harus menyesuaikan teknik pembelajaran menurut kebutuhan (keunikan, karakteristik) siswa agar pembelajaran berhasil, bukan siswa yang menyesuaikan.

Buat Pembelajaran Seperti Fragmen

Ketika kita sudah menyadari dan memahami bahwa siswa itu beragam, serta memiliki komitmen bahwa siswa harus berhasil, maka kita akan selalu berusaha untuk memberi kebebasan kepada siswa untuk belajar dengan cara mereka sendiri. Targetnya adalah siswa berhasil mencapai hasil belajar yang ditentukan.

loading...

0 Response to "PAGE 2 - Tips Menghadapi Siswa Yang Beragam"

Posting Komentar