PAGE 4 MENGEMBALIKAN SEMANGAT BELAJAR SISWA DI JAM-JAM PELAJARAN TERAKHIR (+1)

5. Selingan dengan permainan angka

Ketika dalam proses pembelajaran banyak siswa yang kurang bergairah dan mengantuk maka dapat diselingi dengan permainan angka. Meskipun permainan angka ini tidak ada hubungannya dengan materi PAI yang kami ajarkan, namun guna memotivasi kembali siswa tentunya tidak salah bilamana selingan permainan angka diberikan.



Mula-mula kami memberikan pertanyaan kepada siswa, 4-2 = ?
Tentunya para siswa menjawab 2. Kami menyalahkan jawaban mereka, bahwa 4-2 = 1. Mereka pun membantah dan terjadi perdebatan. Dalam situasi ini, kami merasa seakan-akan lupa dan pura-pura berpikir dengan cara mondar-mandir di depan kelas. Tentunya siswa-siswa memperhatikan kami dan beranggapan kami lupa.

Kemudian kami tetap menyalahkan jawaban mereka dengan cara pembuktian. Siswa akan merasa penasaran dengan pembuktian itu. Dari sini secara tidak langsung siswa telah mulai terbawa oleh permainan kami dan mulai bangkit semangatnya untuk memperhatikan pelajaran.

Sebelumnya kami telah mempersiapkan lembaran karton yang kami gunting membentuk huruf I sebanyak 4 lembar. Lembaran karton tersebut kami tempelkan di papan tulis dan kami susun menjadi angka 4. Kemudian lembaran karton yang membentuk angka 4 tersebut kami ambil 2 sehingga tinggal 2 lembaran yang membentuk angka 1. Ini pembuktiannya. Siswa pun tertawa dan merespon dengan berbagai tanggapan.

loading...

0 Response to "PAGE 4 MENGEMBALIKAN SEMANGAT BELAJAR SISWA DI JAM-JAM PELAJARAN TERAKHIR (+1)"

Posting Komentar