PAGE 6 13 Tips Membangun Komunikasi yang Efektif Antara Guru dan Siswa

12. Tanamkan sikap pengendalian diri
Seperti yang disebutkan sebelumnya bahwa para siswa biasanya tidak begitu menyukai guru yang galak dan pemarah. Mereka tidak ingin belajar dalam tekanan hanya karena takut dimarahi. Maka dari itu, sebagai seorang guru ada baiknya untuk menanamkan sikap pengendalian diri.

Dalam satu ruangan kelas tentu ada berbagai karakter murid. Jika ada murid yang menyebalkan, hindarilah bertengkar dengannya. Itu hanya akan terlihat kekanakan. Sebaiknya kendalikan diri sebaik mungkin agar tidak mudah terpancing emosi.



13. Bersikap rendah hati
Seorang guru belum tentu lebih hebat dari siswa-siswinya. Banyak juga siswa yang justru lebih cerdas dari guru itu sendiri. Jika sudah begini, sikap rendah hati sangat diperlukan. Hal itu bertujuan agar sang guru tidak merasa tersaingi oleh si murid. Saat guru merasa tersaingi, maka hilanglah tujuan dari komunikasi efektif itu.

Pesan pun tidak tersampaikan karena tujuan mengajar yang awalnya ingin berbagi ilmu akhirnya berubah menjadi ingin pamer ilmu. Jadi, seorang guru harus memiliki karakter yang kuat sebelum membangun komunikasi yang efektif dengan anak didiknya. Karena guru yang berkarakter juga akan menghasilkan anak didik yang berkarakter pula. 

Demikianlah 13 Tips Membangun Komunikasi yang Efektif Antara Guru dan Siswa yang bisa anda coba aplikasikan dalam proses belajar mengajar di sekolah. semoga informasi ini bermanfaat untuk anda.
Sumber: www.rijal09.com
loading...

0 Response to "PAGE 6 13 Tips Membangun Komunikasi yang Efektif Antara Guru dan Siswa"

Posting Komentar