PAGE 6 TIPS MENJADI GURU YANG "ASYIK" BAGI SEMUA SISWA

Inti dari kegiatan awal adalah kita harus memastikan bahwa murid-murid kita dalam keadaan relaks dan siap belajar. Ini sangat penting terlepas bahwa  untuk mewujudkan hal ini terkadang sulit karena kendala sarana dan prasarana sekolah, misal keadaan kelas yang memang tidak memungkinkan murid untuk bisa relaks, seperti penerangan yang tidak baik, kondisi kelas yang panas, dan lain-lain. Tapi bagaimanapun juga kita harus mencoba mencari cara agar mereka relaks dan senang ketika belajar.



Kondisi di awal pelajaran ini sangat dipengaruhi oleh kegiatan-kegiatan murid sebelum dan sesudahnya. Akan berbeda kondisinya jika jam mengajar kita dilaksanakan di jam pertama, setelah pelajaran matematika, setelah istirahat, setelah olahraga, atau sebelum pelajaran di mana banyak di antara mereka yang belum menyelesaikan PR dari pelajaran itu. Nah, inilah sebenarnya kelemahan PR. Kelebihannya mungkin banyak, mungkin. 

Untuk mengatasi masalah di atas, tentu kalian bisa cari cara sendiri, beberapa di antaranya adalah memberikan motivasi, games, mengajak murid untuk curhat (menjadi pendengar yang baik), dan nonton film (sebagai apersepsi/brainstorming) bahasan kita saat itu).

Buat "rule of the game" khusus untuk pejaran kita

Untuk keteraturan dan efektifitas pembelajaran , kita bisa membuat peraturan kelas bersama-sama. Peraturan ini berbeda dengan peraturan yang sudah ditetapkan sekolah, namun peraturan yang akan kita buat ini tetap harus sejalan dengan peraturan sekolah. 


loading...

0 Response to "PAGE 6 TIPS MENJADI GURU YANG "ASYIK" BAGI SEMUA SISWA"

Posting Komentar