Tips Menghadapi Siswa Yang Beragam

Prestasi (hasil) belajar siswa di kelas sangat ditentukan oleh cara guru memperlakukan siswa di dalam pembelajaran. Ketika guru berhasil membuat seluruh kelas fokus dengan gairah yang tinggi pada pembelajaran, maka proses pembelajaran akan berlangsung lancar dan mencapai hasil yang optimal. Kapan Anda sebagai guru terakhir kali mengalami situasi pembelajaran seperti disebutkan di atas?

Sering terjadi, dalam sebuah proses pembelajaran di kelas, lebih-lebih kelas rendah, hanya sebagian kecil siswa yang sanggup bertahan untuk fokus dalam waktu yang cukup lama (tiga puluh menit, misalnya). 



Sebagian besar siswa tidak bisa fokus dalam pembelajaran. Ada-ada saja yang lebih menarik perhatian mereka daripada memperhatikan guru yang sedang menjelaskan materi pembelajaran. 

Bahkan, mengganggu teman sebelah ternyata lebih menarik perhatian mereka. Buktinya? Mereka menganggu teman di saat pembelajaran! Apakah Anda juga pernah mengalami kejadian serupa?

Memahami Keunikan Pribadi Siswa

Kita percaya pada informasi yang mengatakan bahwa masing-masing siswa di kelas kita memiliki pribadi yang unik. Kita juga menerima pendapat bahwa untuk dapat mengajar siswa dengan baik, syarat utama dan pertama adalah mengenal karakteristik siswa. 

loading...

0 Response to "Tips Menghadapi Siswa Yang Beragam"

Posting Komentar