4 Fakta Rencana Struktur Baru Gaji PNS

Pemerintah melalui Kementerian Keuangan (Kemenkeu) bersama dengan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB) berencana untuk mengubah struktur gaji Pegawai Negeri Sipil (PNS) saat ini. Pasalnya struktur gaji PNS yang tengah diterapkan ini dianggap tidak seimbang.

Pada struktur gaji PNS yang saat ini, tunjangan(tukin) lebih besar dari gaji pokok yang diperoleh. Sehingga, diperlukan perluasan perubahan struktur untuk meningkatkan kesejahteraan PNS.


Berikut 4 Fakta menarik wacana pengubahan strukturisasi gaji PNS yang dirangkum oleh Okezone :

1. Aturan Perubahan Struktur Gaji PNS Rampung Tahun Ini

Pola perubahan struktur gaji PNS tahun ini sedang dalam pembahasan antar lintas Kementerian, antara Kementerian Keuangan dan Kemenpan-RB. Bahkan rancangan Peraturan Pemerintah (RPP) tentang perubahan struktur gaji PNS akan segera diajukan kepada Presiden Joko Widodo

Menteri Pan-RB Aan Abnur mengatakan pihaknya menargetkan RPP tentang perubahan gaji PNS ini akan selesai pada tahun 2018. Sehingga aturan ini bisa mulai diberlakukan pada akhir tahun 2018. "Ditargetkan tahun 2018 ini selesai. Semuanya masih dalam pembahasan," ujar Asman.

2. Struktur Gaji PNS Baru Akan Mengacu Sistem Merit

Nantinya skema struktur gaji PNS akan berdasarkan sistem merit, yakni berbasis kualifikasi, kompetensi dan kinerja. Adapun sistem merit sesuai dengan Undang-Undang Aparatur Sipil Negara Nomor 5 Tahun 2014.

Dia menjelaskan, penghasilan PNS akan dihitung berdasarkan gaji dan tunjangan. Di mana gaji didasari beban kerja dan risiko pekerjaan. Sedangkan tunjangan terdiri dari tunjangan kinerja dan tunjangan kemahalan.

Tunjangan kemahalan sendiri berdasarkan indeks harga daerah. Sementara untuk tunjangan kinerja, terdiri dari instansional dan individual.

BERSAMBUNG >>> BACA HALAMAN SELANJUTNYA 2
loading...

0 Response to "4 Fakta Rencana Struktur Baru Gaji PNS"

Posting Komentar