PAGE 2 15 Cara menjadi guru yang baik dan disayang siswa

Sesuaikan dengan kondisi sekolah kita mengajar. Kita juga bisa memanfaatkan potensi yang ada di sekitar sekolah. Kita juga bisa melalui permainan  sebagai media belajar agar siswa merasa rileks.
    
3. Rajin periksa tugas siswa.

    Kita sering lupa memeriksa tugas yang diberikan atau memang sengaja tidak diperikasa? Padahal dengan tidak memeriksa tugas yang kita berikan itu sama artinya dengan kita menyepelekan siswa.

    Hal ini tidak baik untuk wibawa kita di depan siswa. Selalu periksa setiap tugas yang kita berikan kepada siswa. Jangan menunda, walaupun kerja tersebut terasa memuakkan. Hargai jerih payah mereka.


    Berikan pujian dan penghargaan yang wajar kepada siswa kita yang berhasil menyelesaikan tugasnya dengan baik.

    Jangan sekali-kali menghinanya dengan mengatakan langsung kepadanya bahwa hasil kerjanya tidak benar. Hal itu penyebabnya bisa jadi mungkin saja penyampaian kita belum bisa dipahami dengan baik oleh siswa.
  
4.   Disiplin dan Bertanggung jawab.

    Dua kata di atas gampang diucapkan sulit diterapkan.

    Sebagai profil yang keberadaan kita selalu dijadikan teladan siswa. Sudah selayaknya guru menempatkan dirinya dengan baik sebagai figur disiplin dan bertanggungjawab.

    Ketika kita datang terlambat ke kelas cepatlah minta maaf atau biarkan siswa yang memberikan sanksi kepada kita. Hal ini akan jauh lebih membuat kita berwibawa jika melakukan kesalahan. Dengan meminta maaf tidak menurunkan wibawa kita sebagai guru.

    Beritahukan alasan kita dengan rasa menyesal dan jujur ketika kita tidak dapat mengisi kelas atas sebab tertentu. Jadilah guru yang dirindukan, dihormati  tanpa merasa ditakuti.
loading...

0 Response to "PAGE 2 15 Cara menjadi guru yang baik dan disayang siswa"

Posting Komentar