PAGE 6 15 Cara menjadi guru yang baik dan disayang siswa

12.    Dinamis.

    Idealnya  guru mampu memimpin dengan berbagai cara. Baik memaksa (diktator), diskusi, voting, dan sebagainya dalam mebuat keputusan sesuai kondisi masalahnya.

    Kalau guru hanya monoton alias statis pada cara memimpinnya, murid akan merasa bahwa guru itu membosankan. Adakalanya saat mengajar kita selipkan cerita-cerita yang sekiranya menghibur murid-murid kita.

    Dengan mengubah pola mengajar kita sejenak, kita bisa membawa murid-murid hanyut pada suasana belajar, tidak asyik sendiri-sendiri.
 
13.   Fokus juga Cara menjadi guru yang baik dan disayang siswa.

    Mengendalikan siswa untuk tetap fokus pada tujuan utama belajar harus dipegang terus oleh guru.

    Mengapa? Seperti apapun seorang guru terombang-ambing dalam memecahkan masalah yang dihadapi siswa dengan berbagai cara. Mengobrol,menyelipkan humor atau sekedar berbagi pengalaman untuk menghindari kebosanan dalam belajar. Jangan sampai melenceng dari arah dan tujuan.

    Kitalah yang memegang kendali. Jangan sampai murid yang mengendalikan gurunya.
 
14.    Memberi kepercayaan.

    Memberi kepercayaan pada murid, membuat mereka merasa dapat diandalkan oleh gurunya. Ini sebuah pertanda terjadi  interaksi baik antara guru dan murid.

    Tapi sayangnya, tidak semua murid mau dengan senang hati diberi kepercayaan oleh gurunya.

    Jika menemui murid semacam itu, dekatilah dan cari tahu mengapa ia enggan diberi kepercayaan oleh kita. Dengan pendekatan yang baik akan mulailah  hubungan yang baik pula. Sehingga si murid lebih dekat pada kita dan bisa bekerja sama lebih nyaman.

    Perlu kita ingat, jangan pernah memberi kepercayaan pada murid hanya karena kita ingin lepas dari tanggung jawab kita.
 
15.    Mampu menjadi contoh atau suri tauladan.

    Tidak hanya pandai berbicara tetapi juga mampu mempraktekkannya.

    Contoh adalah nasehat ajaib yang langsung dilihat dan dirasakan siswa. Oleh karena itu jangan berkata dahulu sebelum kita yakin mampu melakukannya. Ingat pepatah lama mengatakan:

    “Guru Kencing Berdiri, Murid Kencing Berlari.”

Demikianlah beberapa catatan tentang menjadi guru idaman siswa, semoga tulisan ini bermanfaat. Selamat menjadi guru yang baik dan disayang siswa.
Sumber: psyline.id
loading...

0 Response to "PAGE 6 15 Cara menjadi guru yang baik dan disayang siswa"

Posting Komentar