Rembuknas 2018: Mendikbud Akan Buat Kode Etik Hubungan Guru dan Murid

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendi akan membuat kode etik yang mengatur antara hubungan siswa kepada guru. Hal ini menyusul peristiwa yang menimpa seorang guru yakni Ahmad Budi Tjahyanto yang meninggal diduga karena dianiaya oleh muridnya sendiri.

"Kita akan menyusun semacam kode etik hubungan antara siswa dan guru, itu harus kita taati. Kita akan bentuk semacam kontrak belajar jadi siswa akan ada sanksinya termasuk bagaimana tanggung jawab orang tua kalau ada pelanggaran siswa terhadap guru," kata Muhadjir di Acara Rembuk Nasional Pendidikan dan Kebudayaan (RNPK) 2018 Jalan Raya Ciputat Parung, Bojongsari, Sawangan, Depok, Jawa Barat, Selasa, (06/02/2018).


Dalam kesempatan itu, Muhadjir juga menyampaikan duka yang mendalam bagi keluarga yang ditinggalkan, karena bagaimanapun peristiwa itu sangat memukul dunia pendidkan di Indonesia.

"Ketika kita sedang gencar gencarnya mempromosikan pendidikan karakter tiba-tiba muncul ada perilaku menyimpang seorang siswa yang betul betul paradoks (berlawanan) dengan dunia pendidikan kita," tuturnya.

Dia meminta agar peristiwa tersebut tidak disimpulkan sebagai potret dunia pendidikan yang ada di Indonesia. Ia juga berharap media dapat berfikir objektif dalam melihat peristiwa tersebut.

"Tentu saja dari 53 juta siswa, kemudian kalo ada satu dua kasus saya mohon untuk tidak di generalisir untuk disimpulkan bahwa wajah karakter anak kita, paling tidak mass media berusaha objektif, berimbang dalam mengekspose kasus-kasus seperti itu," ungkapnya.

Muhadjir juga menyinggung maraknya beredar video kekerasan yang sudah sejak lama beredar di media sosial namun kembali disebarkan. Untuk itu ia juga mengimbau agar tidak melakukan penyebaran video seperti itu.

"Saya juga menyayangkan banyaknya beredar video kekerasan-kekerasan yang sudah terbit sejak dulu kemudian dirilis lagi, saya mohon untuk di hentikan demi menjaga suasana uang lebih tenang untuk menjaga reputasi pendidikan kita," ungkapnya.

Terkait dengan perlindungan guru, Ia mengungkapkan hal tersebut telah diatur dalam UU. Pun begitu Ia berjanji akan mengkaji aturan tersebut dan akan membuat Peraturan Menteri (Permen) jika diperlukan.

"Perihal guru sebetulnya sudah ada di uu ini akan kita kaji lagi kalo memang nanti perlu ada permen akan kita turunkan permen, akan kita sisir dulu peraturan yang berkaitan dengan masalah hak dan tanggung jawab guru ini," pungkasnya.
loading...

0 Response to "Rembuknas 2018: Mendikbud Akan Buat Kode Etik Hubungan Guru dan Murid"

Posting Komentar