Resep menjadi guru yang dihormati dan disegani siswa

Tema tulisan bagaimana menjadi guru yang dihormati dan disegani siswa selalu menarik untuk dibahas. Tidak heran dikarenakan bagi guru yang mengajar, situasi dimana siswa hormat dan segan padanya akan sangat dinanti dan diinginkan. 
Pertanyaannya adalah saat ini jaman sudah berubah, siswa lebih kritis dan tidak lagi memandang sosok guru sebagai sosok yang keramat. Lantas bagaimana caranya agar siswa bisa menaruh hormat kepada orang dewasa yang menjadi gurunya. Tulisan ini akan membahas dari sisi guru setiap tingkatan pendidikan.


Jika anda seorang guru TK.

Guru TK punya peluang banyak untuk membuat anak segan, dikarenakan anda adalah orang dewasa pertama diluar rumah yang mereka temui. Tampil lah sebagai orang dewasa yang penyabar dan menyenangkan buat mereka. Ingat anda bukan ibu atau pembantu murid anda, anda adalah guru dari murid anda. Seorang guru selalu melatih kemandirian dan tidak meneruskan kebiasaan jelek yang terjadi di rumah akibat pemanjaan yang berlebihan. Peluang anda akan lebih besar jika anda mau belajar menyanyi dan mendongeng, minimal suara anda bisa sejalan dengan lagu yang anda nyanyikan. Di tingkatan ini guru adalah pembentuk karakter siswa, untuk itu 80 persen pembelajaran mesti dilekatkan pada bagaimana membentuk karakter.

Jika anda guru SD kelas 1-2


Anda adalah guru yang mengajar di usia peralihan setelah usia TK. Cara yang terbaik adalah guru tetap meneruskan kebiasaan yang ada di TK, seperti menyanyi dan bermain sambil terus dilatih sisis membaca, menulis dan berhitung siswa anda. Jika anda mengajar tingkatan ini sangat terlarang memvonis siswa sebagai siswa yang pintar atau bodoh, Hal yang penting untuk anda cermati adalah cepat atau lambat cara belajar siswa anda.  Karakter yang baik yang anda sudah lihat dan cermati pada siswa anda, sangat penting untuk diteruskan. Anda akan banyak membantu guru kelas SD kelas 3-6 jika karakter , kebiasaan dan kesenangan belajar sudah terbentuk.

Jika anda guru SD kelas 4-6
BACA HALAMAN SELANJUTNYA 2
loading...

0 Response to "Resep menjadi guru yang dihormati dan disegani siswa"

Posting Komentar