Syarat Mutlak Jadi PNS

Pekerjaan menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS) di Indonesia masih menjadi primadona. Setiap ada pembukaan lowongan Calon PNS (CPNS), orang-orang berbondong mendaftar, baik yang masih fresh graduate maupun yang sudah bekerja.

PNS mempunyai magnet yang kuat, berbagai cara dilakukan agar lolos tes menjadi CPNS. Praktik "titip-titipan" CPNS dulu masih sering kita jumpai, namun sekarang pemerintah berupaya dan memastikan perekrutan CPNS berjalan bersih, transparan dan jujur.



Direktur Pengadaan dan Kepangkatan BKN Aidu Tauhid mengatakan, ada beberapa syarat pengangkatan CPNS menjadi PNS. Sedikitnya terdapat 4 hal yang harus diketahui oleh seorang CPNS agar dapat melenggang dengan mulus menjadi PNS.

"Keempat hal tersebut yakni harus mengikuti dan lulus diklat prajabatan; dinyatakan sehat jasmani, rohani dan bebas narkoba; hasil penilaian kinerja dan prilaku selama menjadi CPNS minimal bernilai baik; dan mengucapkan sumpah janji PNS," ujarnya mengutip laman BKN, Jakarta, Rabu 31 Januari 2018.

Sementara itu ditemui secara terpisah, Kepala Sub Bagian Perencanaan dan Penempatan Pegawai Kementan Sutrisno Sipahutar menyampaikan, BKN itu merupakan ahlinya di bidang manajemen ASN. "Kami ingin mereka (CPNS Kementan-red) dibekali dari ahlinya langsung,” tutur Sutrisno Sipahutar.

loading...

0 Response to "Syarat Mutlak Jadi PNS"

Posting Komentar