TIPE-TIPE CARA MENGAJAR GURU YANG DISUKAI OLEH SISWA

Siapa yang tidak mau menjadi guru yang disukai siswa. Semua guru sepertinya mengharapkan ini. Tapi tahukah anda bahwa semakin minta disukai siswa semakin jauh kita dari kriteria guru yang layak disukai siswa? 

jika disukai siswa menjadi tujuan kita sebagai guru tidak ada yang namanya profesionalisme lagi, yang ada hanyalah menuruti apa yang siswa mau dan inginkan, bahkan bila yang diinginkan sudah keluar jalur kegiatan belajar dan mengajar.



Menjadi seorang guru bukanlah sebuah tugas atau kewajiban yang semata-mata diturunkan demi mendapatkan sejumlah uang, bukan! Guru adalah sebuah pilihan. Pilihan dimana seseorang bukan hanya dituntut untuk mampu memberi pencerahan serta ilmu kepada beberapa individu sekaligus dalam satu waktu, tapi juga secara tidak langsung memberi warna bagi kehidupan seseorang sejak dini hingga masa dewasanya (dalam hal ini, karena saya guru SD, maka saya bisa melihat langsung bagaimana pengaruh seorang guru SD bisa sampai membekas kuat di hati anak didiknya.

Meski mungkin tak banyak yang mau mengakuinya, namun saya yakin, setiap guru pastilah ingin menjadi guru yang disukai oleh murid-muridnya. Meski terkadang hal tersebut bukan hal yang mudah dilakukan, namun dalam diri setiap guru pasti ada semangat tersendiri untuk mengajar ketika dirinya merasa bahwa murid  muridnya bisa bersikap terbuka dan senang atas kehadirannya. Nah, untuk menjadi seorang guru yang disukai (disukai bukan dalam tanda kutip lho ya..hehehe...) oleh muridnya, berikut ada beberapa tips yang mungkin bisa membantu pembaca sekalian ^_^

Menjadi guru yang disukai bukan perkara mudah tapi juga tidak sulit, saya pribadi pun masih dalam upaya untuk bisa disukai siswa. Namun tidak ada yang tidak mungkin di dunia ini, dimana ada kemauan disitu ada jalan. Berikut ini adalah caranya.
  1. Tidak terlalu banyak melaksanakan metode ceramah
  2. Memberikan contoh kepada siswa apa yang ia ingin siswa lakukan. Jika anda sebagai guru berharap siswa anda hormat pada anda, silahkan terlebih dahulu menjaga harga diri siswa anda di kelas.
  3. Jika marah atau kecewa pada siswa, berbicara lah pada mereka dan bukan berteriak. 
  4. Berbagi senyum tulus pada semua siswa. Siswa yang dicap sebagai anak yang ‘bermasalah’ akan luntur dan akan menyukai anda jika anda berikan senyum pada mereka.
BERSAMBUNG>>> BACA HALAMAN SELANJUTNYA 2
loading...

0 Response to "TIPE-TIPE CARA MENGAJAR GURU YANG DISUKAI OLEH SISWA"

Posting Komentar