Pesan Menpan RB ke CPNS Baru: Jangan Terkontaminasi Cara Kerja Lama

Selanjutnya, Asman berpesan agar para CPNS tersebut memanfaatkan anggaran secara efektif ketika sudah menjadi ASN Kemendikbud. Karena itu, dia meminta para calon ASN itu mengelola anggaran dengan jiwa kewirausahaan.

"Kalau diberikan anggaran jangan targetnya hanya menghabiskan anggaran. Jangan serapan yang menjadi ukuran. Tapi yang menjadi sasaran adalah outcomenya [hasil],” kata dia.


“Maka, ASN harus memiliki jiwa entrepreneur. Kalau entrepreneur, ketika dikasih satu juta, harus memberikan dampak ke lebih dari satu juta orang," Asman menambahkan.

Asman juga berpesan agar para calon ASN Kemendikbud tersebut menjaga persatuan dan memelihara kebhinekaan saat sudah menjadi aparat pemerintahan.

Terakhir, Asman meminta agar para CPNS tersebut terus memperbaiki kompetensinya ketika sudah aktif sebagai ASN. Dia juga berharap mereka rajin membuat inovasi kebijakan. Dia mengingatkan keberadaan banyak ASN inovatif bisa mendorong reformasi birokrasi.

"Saya berharap ASN juga bisa mengembangkan kompetensi di lingkungan kerjanya. Maka inovasi menjadi kata kunci. Nah kompetensi inovasi ini akan terus kita kembangkan agar di organisasinya timbul metode-metode baru, ide-ide baru yang bisa dijadikan contoh oleh organisasi lainnya," kata Asman.

Para CPNS penerima pembekalan itu merupakan peserta yang lolos seleksi pada 2017 lalu. Lowongan CPNS Kemendikbud pada 2017 sempat diminati oleh 112.397 pendaftar.

Jumlah itu jauh lebih besar dibanding formasi yang teredia. Kemendikbud cuma membuka lowongan untuk 261 formasi umum dan 30 formasi bagi sarjana cumlaude. Selain itu, ada 6 formasi untuk pendaftar disabilitas dan 3 formasi bagi putra/putri Papua dan Papua Barat.Sumber: tirto.id
loading...

0 Response to "Pesan Menpan RB ke CPNS Baru: Jangan Terkontaminasi Cara Kerja Lama"

Posting Komentar