JUSUF KALLA SETUJUI GURU HONORER DIANGKAT JADI PNS

Wakil Presiden Jusuf Kalla menggelar rapat tertutup dengan Menko PMK Puan Maharani, Mendikbud Muhadjir Effendy, dan Menteri PAN RB Asman Abnur mengenai permasalahan guru di Indonesia. Salah satu hal yang dibahas dalam rapat tertutup itu antara lain soal guru honorer yang masih belum diangkat statusnya menjadi Apartur Sipil Negara (ASN).

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy mengungkapkan, saat ini ada 736 ribu guru honorer yang masih belum diangkat. Wakil Presiden Jusuf Kalla, kata Muhadjir, sudah menyetujui agar guru honorer dapat segera mendapatkan pengangkatan status tahun ini.



“Tapi tadi Pak Wapres juga sudah pada prinsipnya sudah memberikan lampu hijau bahwa mulai tahun 2018 nanti ada pengangkatan guru,” kata Muhadjir di Kantor Wakil Presiden, Jakarta Pusat, Senin (2/4). 

“Pengangkatan guru menjadi ASN (Aparatur Sipil Negara), bisa PNS, bisa PPPK (Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja), maksimal dibicarakan lagi,” lanjutnya dikutip dari kumparan.

Di sisi lain, Muhadjir masih mengkaji kemungkinan membuka lowongan untuk guru baru guna mengatasi kekurangan tenaga pengajar saat ini. Sebab jumlah guru honorer yang belum diangkat statusnya cukup banyak, sehingga ada juga kemungkinan guru honorer apabila sudah diangkat statusnya dapat ditempatkan ke daerah-daerah yang kekurangan guru.

“Nanti skemanya kita lihat apakah diberikan peluang juga untuk guru baru ataukah yang sekarang sudah berada di sekolah berstatus honorer,” ujarnya.

Muhadjir mengakui ada provinsi yang mengalami kelimpahan guru dan juga mengalami kekurangan guru. Ia mengatakan perlu adanya redistribusi guru di tingkat provinsi maupun kabupaten/kota agar jumlah penyebaran guru di tiap wilayah merata.

“Pola persebarannya juga mesti kita pelajari. Karena kan persebaran ini sangat dinamis mulai dari redistribusi di tingkat kabupaten/kota dan provinsi untuk SMK dan juga redistribusi antarprovinsi, redistribusi antara kabupaten/kota. 

Itu akan kita perjelas nanti mekanismenya, sehingga jangan sampai praktik sekarang ini penumpukan guru di suatu kabupaten atau di suatu sekolah sulit untuk segera diadakan redistribusi,” pungkasnya.
loading...

0 Response to "JUSUF KALLA SETUJUI GURU HONORER DIANGKAT JADI PNS"

Posting Komentar